Yaaa….apakah makanan enak saja sudah menjamin restoran Anda sukses? Makanan yang lezat sudah bukan salah satu tips sukses lagi, makanan yang enak sudah wajib hukumnya jika Anda membuka bisnis restoran. Kualitas tetap akan menjadi alat pemasaran yang terbaik.
Masakan enak saja, tanpa strategi marketing suatu saat pasti akan ramai tetapi Anda harus rela melewati belasan tahun. Untuk mempersingkat itu kami akan mengajak Anda untuk memberikan effort lebih pada marketing.
Marketing pada intinya adalah komunikasi,
menyampaikan kelezatan makanan Anda pada pelanggan. Hukum klasik STP (segmenting, targeting dan positioning) belum tergantikan dalam konteks ini.
Yaa…pertama kita harus menentukan siapa segmen pasar dari restoran Anda.
Kumpulkan profilenya selengkap mungkin, umur, jenis kelamin, keluarga atau single atau pasangan muda, kebiasaannya dan semua hal yang Anda perlu ketahui. Ingat harus tercatat….
Kemudian tentukan target yang ingin Anda jadikan konsumen,
pilih media komunikasi yang mereka gunakan. Pelajari hal – hal yang menurut mereka penting diluar makanan. Maksudnya?
Misalnya seorang executive akan sangat concern pada kebutuhan ruang meeting, privasi dan lain sebagainya, jika pangsa pasar pasangan muda akan mementingkan suasana yang hangat, musik yang pas dan lain sebagainya. Atau misalnya untuk kaum menengah yang sibuk mungkin mereka penting pada kecepatan layanan, porsi yang umumnya lebih besar atau hal – hal lainnya.
Kemudian mulailah dengan rancang alat dan media komunikasi yang Anda inginkan. Teknologi semakin memberikan kemudahan di bidang ini. Jika 6 tahun lalu klien kami berhasil mengangkat penjualan dengan membagi – bagikan brosur dengan tulisan GRATIS alpukat di lampu merah, mungkin sekarang cara ini kalah efektif dan efisien dengan whatsapp blast, facebook ads, google ads, instagram waah banyak sekali channel yang bisa digunakan.
Silahkan pilih channel yang tepat dengan pangsa pasar Anda lalu siapkan design e-flyer atau yang serupa dengan prinsip
AIDA
AttentionInterestDesireAction
yaa satu lagi prinsip jika di dunia digital yang perlu Anda pertajam yaitu;
AttentionInterestSearchActionShare
sumber : formulabisnisindonesia.com